Selamat Datang Di Rahmat Blog Temukan Tips Dan Trik Cinta Dihalaman Rahasia Ini Jangan Lupa Like Atau Comment ya !!! Thanks :)

Hidup dan Matikan Mobil Cukup dengan SMS Karya Anak SMKN 7 SBY


Sabtu, 29 Desember 2012

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Selasa, 23 Oktober 2012 13:42 WIB

Karya ini menjadi kebanggaan SMKN 7 karena SMKSMK lain belum pernah membuat karya secanggih ini.Kebanyakan siswa SMK hanya bisa merangkai mesin atau laptop,tidak membuat seperti yang ditunjukan siswa-siswa SMKN 7.Untuk melindungi hasil karyanya ini,SMKN 7 berencana mempatenkan hak cipta hasil karya siswa.

Dengan begitu,tidak ada pihak lain yang akan berani mencontoh atau mencontek hasil inovasi ini.“Kami akan mematenkan karya sekolah ini.Kami yakin karya ini bisa membantu masyarakat,”kata Kepala SMKN 7 Surabaya Agus Basuki,kemarin.Agus menegaskan, keuntungan dalam memakai alat ini sangat luar biasa.Ia menjamin mobil yang menggunakan alat ini tidak bisa dicuri seenaknya.

Pasalnya,pemilik mobil bisa mematikan lewat jarak jauh.Selain itu,alat ini juga bisa dipakai untuk mendinginkan AC mobil melalui jarak jauh.“Banyaklah manfaatnya. Kami menciptakan ini untuk kenyamanan dan keamanan mobil,”akunya. Untuk cara kerja alat yang diciptakan SMKN 7 ini sangat sederhana.Alat yang bernama “Modem Microcontroller SMS Sender”bisa mematikan dan menghidupkan mesin lewat SMS.

Alat ini tidak mengenal jarak dan lokasi,alat ini hanya berpengaruh jika jaringan handphone buruk.Proses pembuatan alat ini juga tidak terlalu lama,hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 bulan. “Waktu 1,5 bulan bisa menyelesaikan alat ini mulai awal sampai terpasang di mobil,” kata Ahmad Kusaini salah satu siswa Otomotif kemarin.

Kusaini menceritakan,dalam membuat alat ini siswa-siswa Teknik Mesin Otomotif (Ototronik) dibimbing gurunya hingga berhasil menciptakan alat pengendali mobil via SMS.Alat “Modem Microcontroller SMS Sender”,ini semacam remote control namun bisa berjarak ribuan kilometer. Dengan mengirim SMS sesuai fungsi dan nomor yang sudah di-setting dalam modem, mobil sudah bisa start atau off engine.

Menyalakan dan matikan AC mobil hingga central lockmobil bisa dikendalikan jarak jauh.“Letak alat ini di bawah dash board.Jadi kondisinya rapi,”ujarnya. Marsito Muntono,Guru Teknik Ototronik SMKN 7 juga pembimbing siswa menyatakan,alat microcontroller ini tak ada lagi sistem manual untuk mengoperasikan mobil.Namun semua dikendalikan dengan sistem komunikasi elektronika.

Seluruh unit mulai dari AC, central lock,hingga mesin terhubung dengan sistem modem microcontroller dengan instalasi dan unit di dalam mobil. Alat ini dibuat menyusul keluhan banyak orang saat menyalakan mesin saat diparkir, di dalam mobil masih panas dan sumuk.Kemudian terpikir untuk membuat alat pengendali jarak jauh melalu hand phone.“Saat di mal mau pulang,AC sudah dinyalakan dan masuk sudah dingin,” katanya.

Alat ini tidak membedakan jenis mobil.Menurut dia, apapun jenis mobilnya dan keluaran tahun berapa pun bisa terintegrasi pengenali mobil via SMS itu.Kotak modem berisi out put kode 1-5, 1-2 untuk menyalakan dan mematikan mesin.Sedangkan output 3 menghubungkan central lock dan 4 AC.Kotak alat program microcontroller ini dihubungkan dengan masing-masing unit mesin mobil. Sistem kerja alat berbasis modem ini relatif sederhana.

Dalam pembuatannya menghabiskan dana sekitar Rp1,7 juta,alat pengendali sekaligus pengaman itu bisa diciptakan. Setelah modem di dash board dan terhubung dengan sistem dan instalasi mobil,alat itu sudah bisa difungsikan.Cukup ketik misalnya start2255 N1 kirim ke nomor yang sudah disimpan (082141...),mesin nyala.

Atau kode lain untuk AC dan seterusnya.“Yang paling banyak manfaatnya adalah bila dicuri dan bisa kita matikan tanpa bisa dihidupkan lagi,”papar dia. M.Ardianto Guru Otomotif SMK 7 Surabaya menambahkan, alat ini telah dirakit secara teliti oleh guru dan siswa. Menurut dia,cara kerjanya sangat sederhana,pemilik alat ini tinggal mengirim SMS ke modem yang tersedia,kemudian modem menyimpan perintah, setelah itu bisa dipakai sesuai perintah.

ARIEF ARDLIYANTO
Surabaya            

Sumber : http://www.seputar-indonesia.com
              http://www.tribunnews.com

Share this article

Comments
0 Comments

0 komentar :

email

Dapatkan artikel baru kami lewat email !